Program Internet Global Guru dan Siswa Gratis

aaaaaaaaaaaaaIEARN (International Education and Resource Network) Indonesia merupakan sebuah program internet global yang mengemas berbagai project untuk guru dan siswa. iEARN Indonesia bermaksud memajukan komunikasi antar siswa diseluruh dunia melalui sebuah kolaborasi dan partisipasi dalam project-project yang interaktif. iEARN mengajak sekolah-sekolah di Indonesia untuk turut terlibat dalam proses pembelajaran yang menyenangkan yang akan membawa para siswa keluar dari keterbatasan belajar tradisional sekaligus memanfaatkan segala peluang yang tersebar di seluruh negara.

iEARN adalah sebuah organisasi non-profit yang beranggotakan lebih dari 20.000 sekolah tersebar di 100 negara. iEARN mengajak guru dan siswa untuk bekerja sama secara online dengan menggunakan internet dan teknologi komunikasi baru yang lain. Sekitar 750.000 – 1.000.000 siswa setiap hari terlibat dalam project kolaboratif global ini. Sejak 1988, iEARN telah mempelopori hubungan sekolah secara online agar para siswa dapat terlibat dalam project pendidikan yang bermakna baik dengan peer di negeri sendiri maupun di seluruh dunia. iEARN adalah:

  • Sebuah masyarakat yang terbuka dengan aneka ragam budaya.
  • Sebuah lingkungan yang aman dan terkelola sehingga para siswa dapat berkomunikasi.
  • Sebuah peluang untuk mendapatkan pengetahuan dalam project-project layanan pembelajaran.
  • Sebuah mayarakat para pendidik dan pembelajar dengan menggunakan perbedaan sebagai bagian dari proses pendidikan.

Bagaimana berdirinya iEARN Indonesia?

iEARN Indonesia didirikan dalam rangka pengembangan ASPnet (jaringan sekolah berasosiasi dengan UNESCO) berbasis ICT yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan siswa melalui online project. Project yang ada dalam iEARN dipilih karena selaras dengan empat hal yang menjadi perhatian ASPnet yaitu upaya mencapai perdamaian, pengertian antar budaya, penyelesaian masalah dunia, dan penyelesaian masalah lingkungan hidup.

Perintisan iEARN Indonesia diawali dengan diskusi tentang kemungkinan pelaksanaan program iEARN di Indonesia yang dilakukan oleh Ibu Hasnah Gasim (selaku coordinator iEARN Indonesia) dengan peserta iEARN di Jordan. Menindaklanjuti hasil diskusi tersebut maka pada bulan Maret 2004 diselenggarakan workshop iEARN untuk kali pertama di Sawangan, Bogor, yang diikuti oleh 11 SMU/SMK, termasuk di antaranya SMA Negeri 1 Bogor, dan 4 instruktur PPPG, dan saat itu pula dinyatakan berdirinya iEARN Indonesia. Dukungan dua lembaga juga menjadi faktor penting dalam sejarah berdirinya iEARN Indonesia yaitu Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO dan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Apakah tujuan iEARN Indonesia?

Untuk memberi sumbangsih terhadap perdamaian dan pengembangan sumber daya manusia dalam era globalisasi melalui pendidikan, ilmu pengetahuan, budaya dan komunikasi.

Apa yang harus kita persiapkan untuk ikut berpartisipasi?

Keperluan minimal yang harus kita persiapkan adalah akses computer terhadap internet sehingga kita dapat menemukan project apa saja yang tersedia serta mendaftarkan diri kita, baik guru maupun siswa, sebagai member iEARN. Registrasi ini bersifat cuma-cuma. Hal yang perlu kita bayar hanyalah koneksi internet. Janganlah berfikir bahwa kita atau seluruh siswa harus punya komputer. Banyak sekali project yang dapat dilakukan hanya dengan satu komputer untuk seluruh kelas atau juga memanfaatkan warung internet (Warnet).

Bagaimana memulai berhubungan dengan iEARN?

Langkah pertama yang kita lakukan adalah dengan mengakses website iEARN yang beralamat diwww.iearn.org dalam koneksi internet kita. Kemudian melakukan registrasi secara online agar terdaftar sebagai anggota
Bagaimana berpartisipasi dalam project-project iEARN?

Terdapat lebih dari 120 project di iEARN yang seluruhnya didesain dan difasilitasi oleh guru dan murid untuk disesuaikan dengan kurikulum dan kebutuhan serta jadwal pembelajaran.

Dengan pilihan project tertentu, maka guru dan murid dapat masuk dalam online forum untuk bertemu satu sama lain dan terlibat dalam project yang berkelanjutan bersama kelas-kelas diseluruh dunia yang bekerja dalam project yang sama.

Project-project ini memungkinkan siswa untuk mengembangkan:

  • Keterampilan meneliti dan berfikir kritis
  • Pengalaman memanfaatkan teknologi-teknologi baru
  • Kesadaran budaya
  • Kebiasaan untuk terlibat dalam isu-isu riil masyarakat.

Kaitannya dengan pembelajaran siswa dengan isu-isu lokal dan dalam menghadapi kebutuhan kurikulum tertentu, setiap project yang diusulkan oleh guru dan siswa dalam iEARN harus menjawab pertanyaan, “Bagaimana project ini akan memperbaiki kualitas kehidupan di planet ini?”

Visi dan tujuan ini merupakan perekat yang mengikat kebersamaan iEARN, serta memungkinkan para partisipan menjadi warga dunia dengan sentuhan perbedaan yang berkolaborasi dengan peer di seluruh dunia.

Bagaimana bergabung dengan project tersebut?

Bergabung dengan project merupakan cara yang sangat menyenangkan. Jika diperlukan, panduan juga akan selalu diberikan oleh koordinator. Partisipan akan selalu mendapat informasi mutakhir via email tentang project highlights, berita dan pengumuman.

Tujuh langkah praktis yang bisa kita lakukan untuk bergabung dalam project iEARN:

A. Pilihlah project yang sesuai dengan kurikulum sekolah dengan cara membaca

deskripsi project.

Prosedur bagaimana kita melakukan hal ini adalah dengan mengakses website iEARN terlebih dulu dihttp://www.iearn.org, tentunya setelah kita mengisi format registrasi dan telah divalidasi oleh Koordinator iEARN yang menandakan bahwa kita sudah resmi terdaftar sebagai anggota /member iEARN dan bisa berinteraksi di serta memanfaatkan semua fasilitas dan forum yang tersedia dalamnya, misalnya :

Gambar tampilan icon-icon pada homepage iEARN website, di mana kita bisa mengakses dan memanfaatkan fasilitas yang tersedia di dalamnya.

Projek-projek yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kurikulum sekolah kita di antaranya (seperti yang bisa kita lihat dihttp://www.iearn.org/projects/ atau dengan mengklik “project” pada home page iEARN website) sebagai berikut :

Klik pada icon “project”

Maka muncul tampilan halaman project sebagai berikut :

 Setelah kita mengakses interactive forum, kita dapat mengakses iEARN project collaboration center dengan tampilan sebagai berikut :

iEARN projects are designed and facilitated by educators and students worldwide, and result in a range of collaborative final “products.” Use the Search options to the left to browse over 300 active projects. Below are four examples.

 We encourage all iEARN teachers and students to participate in existing projects before initiating a project of their own. If you are interested in submitting a new project, email projects@us.iearn.org.

Ini adalah beberapa contoh project yang ada yang sedang dilakukan dan apabila kita tertarik bergabung kepada salah satu di antaranya kita bisamengirim e-mail ke projects@us.iearn.org.

B. Membuat daftar tujuan dalam memilih dan bergabung bersama suatu project dalam entuk ”action plan” untuk memberi gambaran bagi koordinator dan orang-orang isekeliling kita (terutama rekan-rekan guru dari mata pelajaran lain yang tertarik untuk melakukan proses pembelajaran “lintas kurikulum”).
Beberapa projek yang telah dilakukan oleh SMA Negeri 1 Bogor di antaranya : National Heritage (2004-2005), Cultural beliefs that perpetuate the spread of HIV/AIDS (2004-2005), Good Deeds Project (2007/2008). Projek dipilih sesuai dengan isu lokal yang sedang menjadi topic baik secara internasional maupun internal di negara kita. Pemilihan projek juga dilakukan secara bersama-sama dengan murid dengan cara melihat ke buku projek yang disediakan oleh iEARN ataupun mengakses ke website projek iEARN seperti yang dipaparkan di atas. Contoh bentuk projek action plan untuk projek HIV/AIDS yang telah dilakukan di SMA Negeri 1 Bogor tahun 2005 sebagai berikut :

IEARN

PROJECT ACTION PLAN

SMA NEGERI 1 BOGOR

1. Project Name : “Cultural beliefs that perpetuate the spread of

IV/AIDS”

Project, 2004 – 2005

There are some cultural beliefs in some part of the world including Indonesia which people follow that are in some ways helping the spread of HIV e,g. the making of tattoos in some part of body such as face, breast, back, hands, etc, using unhygienic equipment in some origin tribes in Indonesia , the youth’s belief of having drugs and having sex before getting married as symbols of modern life style, and also the belief in some communities that AIDS will only happen to people who have sex with the same gender.

2. Interactive Forum : Health Forum (apc.iearn.health)

3. Project Web site : (www.health.net)

4. Project Coordinator : Kennedy Mulusa – shakawesec@botsnet.bw

5. Project Date : November 2004 – September 2005

6. Teachers : Drs. Abdullah Suarta, Pujiati, S.Pd, Drs.Saleh

(English teachers at SMA Negeri 1 Bogor

Ir.H. Juanda No.16 Bogor, Indonesia)

Principal’s Name : Drs. H. Agus Suherman, M.Pd

7. In this project students will : gather information and share the ideas with other students from all over the world about how the cultural beliefs should be corrected and given the right information about AIDS/HIV which will be easily spread by doing those activities (cultural beliefs) through the right approaching and effective ways using the following activities :

· Writing essays

· Giving the opinion

· Writing short stories (spoof, recount, or narrative)

· Collecting Data

· Prose

· Poems

· Drawing pictures, brochure, pamphlet or poster

a. Content Learning :

1. Students will acquire the following base knowledge/skills, learn the following term, principles and fact :

· The knowledge about iEARN

· The aims of the project

· Information about netiquette when they are online

· Written and oral communication ability by writing and discussing their thought

· The ability to think critically and to write creatively

· Social skill to work in groups

· The ability to get information from different sources of information

· The feeling of care of things that happen in their life society or other parts of the world

· Mastering ICT

2. The project addresses the following curriculum areas :

· English

· Social Studies

· Science Studies

· Art

· Religion

· Information, Communication and Technology

b. Process Learning :

1. Aesthetic : Enjoyment

2. Social : Cooperating and collaborating with others

3. Physical : Planning, Presenting and Evaluating

4. Cognitive : Having deep understanding of the materials

5. Language : Indonesia and English

6. Affective : Having high motivation to learn

7. List of Activities :

· Getting information about the iEARN, the project , the aims and the procedure to collaborate (Week 2, November 2004)

· Knowing about the netiquette during the online activity (Week 3,November 2004)

· Dividing the students into groups (Week 3, November 2004)

· Searching some information / identifying cultural beliefs that enhance the spread of HIV in students’ country (Week 4, November 2004)

· Collecting data (Week 1, December 2004)

· Reading some messages on this project from other students’ writing (Week 2, December 2004)

· Discussing the problems (Week 3, January 2005 /After 2 weeks summative test and 2 weeks vacation)

· Making presentation (Week 4, January 2005)

· Posting the students’ writing to project forum after being revised by the teacher (Week 1, February 2005}

· Carrying out comparatives studies with other school (Week 2, February 2005)

8. The Project meets the standards in :

Curriculum 2004 (Competency Based Curriculum)

9. Resources for the project :

· Internet Searching

· Aids Foundation

· Library

· Mass Media (Books, Magazine, Newspaper)

· Related Web Site

· IEARN Forums

10. Project Time Frame :

No. Activities Deadline
1. Introducing iEARN November 2004, week 2
2. Orienting students to the project (the aims and giving the examples) November 2004, week 2
3. Netiquette and the rules during the online activity November 2004, week 3
4. Dividing students into groups November 2004, week 3
5. Searching some information November 2004, week 4
6. Collecting and classifying data December 2004, week 1
7. Reading messages from other students December 2004, week 2
8. Discussing the problems January 2005, week 3
9. Making presentations January 2005, week 4
10. Posting the students’ writing to the project forum February 2005, week 1
11. Carrying out comparatives studies in other schools February 2005, week 2

 

11. Classroom Management

  1. Short term participation : Making groups, cooperation among students
  2. Long term participation : Effective learning in order to make teachers from

every involved subject and students more active

12. Classroom Techniques : Collecting, discussing and presenting the materials,

making conclusion and writing reports

14. Submission to the forum : Class and iEARN

15. Project Outcome :

  • Enjoyable learning process
  • Safer cultural practice in the modern society
  • Students’ awareness about the danger of AIDS and how to behave correctly and friendly against the people who got AIDS without the tendency to isolate them from society

16. Anticipated Difficulties :

  • Infrastructure
  • Time distribution
  • Overlapping of subject matter

17. Assessment/Evaluation

Students will be given cognitive, psychomotoric and affective evaluation

C. Kontak fasilitator project dengan menulis email yang memperkenalkan tentang diri,

murid dan tujuan bergabung dengan project tersebut.

Berikut ini adalah sebuah contoh pada saat kami (guru dan murid) di SMA Negeri 1 Bogor tertarik dan meminta ijin fasilitator untuk bergabung di projek “Cultural beliefs that perpetuate the spread of HIV/AIDS” (2004-2005) dan kemudian mengontak fasilitator atau coordinator projek tersebut melalui e-mail :

From: suarta suarta [SMTP:suarta64@yahoo.com]
Sent: Friday, December 24, 2004 5:40 AM
To: shakawesec@botsnet.bw
Subject: JOINING THE PROJECT

To : Mr. Kennedy Mulusa,

Hallo, Mr. Kennedy,

Allow me to introduce my self, I’m Abdullah Suarta from Bogor, Indonesia
and a teacher of English at Secondary High School 1 Bogor. I’m interested
to join in your project, and I have also delivered some responses to your
project. I want to involve my students and also the students from all over
the world in this project to share and to contribute their idea so we can
cooperate and create coperative learning between teachers and also students
in this project. I hope this cooperation will be useful for us, and
particularly for young people. The following is my project action plan
(it’s after yours) :

 IEARN PROJECT ACTION PLAN

SMA NEGERI 1 BOGOR

Project Name : “Cultural beliefs that perpetuate the spread of HIV/AIDS”

Project, 2004 – 2005

There are some cultural beliefs in some part of the world including Indonesia which people follow that are in some ways helping the spread of HIV e,gthe making of tattoos in some part of body such as face, breast, back, hands, etc, using unhygienic equipment in some origin tribes in Indonesia , the youth’s belief of having drugs and having sex before getting married as symbols of modern life style, and also the belief in some communities that AIDS will only happen to people who have sex with the same gender.

Interactive Forum : Health Forum (apc.iearn.health)
Project Web site : (www.health.net)
Project Coordinator : Kennedy Mulusa – shakawesec@botsnet.bw
Project Date : November 2004 – September 20056

Teachers : Drs. Abdullah Suarta, Pujiati, S.Pd, Drs.Saleh (English teachers

at SMA Negeri 1 Bogor, Ir.H. Juanda No.16 Bogor,

Indonesia)Principal’s Name : Drs. H. Agus Suherman, M.Pd

Students will gather information and share the ideas with other studentsfrom all over the world about how the cultural beliefs should be corrected and given the right information about AIDS/HIV which will be easily spread by doing those activities (cultural beliefs) through the right approaching and effective ways using the following activities :

  • Writing essays
  • Giving the opinion
  • Writing short stories (spoof, recount, or narrative)
  • Collecting Data
  • Prose
  • Poems
  • Drawing pictures, brochure, pamphlet or poster

In this project, the students have gained the following base knowledge and skills :

  • The knowledge about iEARN
  • The aims of the project
  • Information about netiquete when they are online
  • Written and oral communication ability by writing and discussing their thoughts
  • The ability to think critically and to write creatively
  • Social skill to work in groups
  • The ability to get information from different sources of information
  • The feeling of care of things that happen in their life society or other parts of the world

The activities

  • Getting information about the iEARN, the project , the aims and the procedure to collaborate (Week 2, November 2004)
  • Knowing about the netiquette during the online activity (Week 3,November 2004)
  • Dividing the students into groups (Week 4, November 2004)
  • Searching some information / identifying cultural beliefs that enhance the spread ofHIV in students’ country (Week 1, December 2004)
  • Collecting data (Week 2, December 2004)
  • Reading some messages on this project from other students’ writing (Week 3, December 2004)
  • Discussing the problems (Week 3, January 2005 /After 2 weeks summative test and 2 weeks vacation)
  • Making presentation (Week 4, January 2005)
  • Posting the students’ writing to project forum after being revised by the teacher (Week 1, February 2005}
  • Carrying out comparatives studies with other school (Week 2, February 2005)

Resources of the project :

  • Internet Searching
  • Aids Foundation
  • Library
  • Mass Media (Books, Magazine, Newspaper)
  • Related Web Site
  • IEARN Forums

11. The project addresses the following curriculum areas :

  • English
  • Social Studies
  • Science Studies
  • Art
  • Religion
  • Information, Communication and Technology

12. Submission to the forum : Class and Iearn

13. Project Outcome :

  • Enjoyable learning process
  • Safer cultural practice in the modern society
  • Students’ awareness about the danger of AIDS and how to behave correctly and friendly against the people who got AIDS without the tendency to isolate them from society

14. Anticipated Difficulties :

  • Infrastructure
  • Time distribution
  • Overlapping of subject matter

15. Assessment/Evaluation

Students will be given cognitive, psychomotoric and affective evaluation

———————————

I hope you don’t mind with this and you’ll open discussion also with this
project and hopefully a good cooperation will be resulted from it. Thank
you so much, see you and God bless us all!

Sebelum kita berinteraksi di dalam projek yang kita pilih , kita harus menunggu terlebih dulu jawaban dari fasilitator projek tersebut, sebagai tanda bahwa kita diperbolehkan bergabung di dalam projek tersebut. Berikut contoh tanggapan atau respon dari fasilitator projek :

shakawesec <shakawesec@botsnet.bw> wrote:

Dear Mr Suarta,

Thank you very much for the email you sent me. Before I could go any further I so much touched about so many deaths the Tsunami has caused to your country. Please on behalf of my school staff and students we send our heartfelt condolences. Please I would like also to know whether your school was affected.
Coming to the issue of you joining the Project I should say you are highly welcome I have been looking for collaborators in this project and it will be good to work with you, the other staff and students from your school.
I could not reply to your email in time because schools here in Botswana had closed from the 26 th November 2004 to the 11th of January 2005, but other wise teachers report a week before and I will always get in touch.
You can continue posting into the project forum and when my students return
from holiday they will find the forum busy.
I will email Lisa the coordnitor from IEARN USA to include your name as a
co facilitator.Once more my condolences to all the people of Indonesia.

Regards,
Kennedy.
—–Original Message—–

———————————
Do you Yahoo!?
Meet the all-new My Yahoo! – Try it today! << File: ATT00004.html >>

Tuesday, January 18, 2005 10:56 AM

From: “suarta suarta” <suarta64@yahoo.com>

Add sender to Contacts

To: “shakawesec@botsnet.bw” <shakawesec@botsnet.bw>

Dear Mr.Kennedy Mulusa,

Thank you so much for the reply and also for your feeling of symphaty for the victims of tsunami disaster in my country, I really appreciate that. Honestly, we often cry anytime we see again the picture from our local TV broadcast about the time when it happened, how actually people so weak and fragile when the nature shows its power. More than a hundred thousand people become victims of tsunami, and comparing to the victims of this disaster from other part of Asia, Indonesia is the country with the biggest number of victims. We do hope it never happens again. My school is located in Java island and it wasn’t affected much, we just felt a little shaking of earthquake. We (teachers and students) have tried to do anything that we can do to help people in Sumatra Island (collecting money, food, etc.)

Through this mail, I’d like also to thank you so much for accepting me to join in your project. I hope our cooperation will work out well, I will continue posting anything related to the development of my project in project forum. I apologize also if I reply your mail a little late due to the trouble that happens to all computers in my school. Once again, thank you so much for everything, including for your condolences to all people in my country.

Best regards,

Suarta

D. Memperkenalkan project itu kepada para siswa kita tentang iEARN dan persiapan bergabung dalam kerja sama secara online.
Setelah kita memilih sebuah projek untuk dilakukan sesuai dengan time frame yang sudah disusun mengikuti kalender akademik sekolah kita, sebagai persiapan untuk bergabung, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan diketahui bersama, baik oleh guru maupun siswa, di antaranya adalah apa yang disebut dengan netiquette, sebuah tata tertib/peraturan mengenai sopan santun berkomunikasi melalui internet, di antaranya :

  • Menggunakan bahasa Inggris yang sopan, baik dan benar (tidak menggunakan bahasa slank ataupun istilah-istilah asing yang hanya berlaku dan dimengerti oleh wilayah tertentu saja).
  • Memperkenalkan jati diri kita atau kelengkapan identitas kita dengan menuliskan siapa kita, profesi kita, alamat /kota di mana kita tinggal, serta nama negara (agar rekan kolaborasi kita bisa mendapat gambaran mengenai lokasi negara kita, minimal dengan mencarinya di peta).
  • Tidakmembicarakan masalah ras, agama dan suku bangsa, ataupun hal-hal lain yang bisa menyinggung budaya, agama maupun suku bangsa lain. Di dalam lingkungan kolaborasi iEARN, semua berkedudukan serta mempunyai hak yang sama.
  • Menjaga nama baik bangsa kita sendiri, dengan tidak menuliskan hal-hal buruk mengenai politik, perekonomian ataupun kebijakan-kebijakan yang berlaku di negara kita.

E. Meminta siswa memberikan tanggapan terhadap tulisan siswa lain dengan
menggunakan proses penulisan yang baik.

Setelah kita bergabung dan dapat berinteraksi di projek yang kita pilih, tunjukkan kepada siswa mengenai tanggapan-tanggapan yang kita peroleh dari siswa-siswa di negara lain tentang projek kita, kemudian siswa diminta untuk memberi responsnya dengan memposting tulisan mereka melalui internet ke projek yang sedang kita lakukan. Tentunya hal itu dilakukan setelah melalui proses editing dan revisi yang bisa dilakukan oleh guru maupun oleh teman sekelompoknya pada saat pembelajaran bahasa Inggris di kelas berlangsung dengan kompetensi dasar yang berkaitan, setelah itu kembali guru merevisinya. Dan pada akhirnya guru bersama murid mempostingkan tulisan tersebut.

F. Meminta siswa untuk mempublikasikan tulisannya dalam project itu.
Seperti yang dilakukan pada tahap 5 di atas, siswa akan terus mengamati respons yang masuk dari siswa-siswa dinegara lain terhadap projek yang sedang dilakukan.

 

G. Terus berpartisipasi dengan project yang telah direncanakan bersama siswa dan fasilitator project.
Pada tahap ini, baik guru maupun siswa terus memantau kegiatan kolaborasi yang ada, dan akan terus pula berusaha merespons email yang masuk dengan berusaha melakukan proses penulisan yang benar sebelum mempostingnya. Dengan demikian siswapun akan terus menggunakan kemampuan ICT-nya di dalam kegiatan kolaborasi dan interaksi yang ada sehingga bisa meningkatkan ketrampilan ICT mereka. Proses yang dilakukan dalam pencarian data (internet browsing), produk akhir yang dapat diharapkan dari kegiatan kolaborasi ini (pelaporan dan solusi-solusi pemecahan masalah yang terkumpul) bisa dituangkan dalam presentasi power point, microsoft document, ataupun dalam bentuk produk ICT lainnya.

Dari segi guru, mereka akan berusaha menguasai ketrampilan ICT untuk membuat kolaborasi ini berjalan sesuai dengan yang diharapkan, karna inti dari kegiatan kolaborasi ini selain dengan berbagai keuntungan dan manfaat yang telah dijabarkan pada contoh prjojek action plan sebelumnya, juga berusaha untuk bisa mengimplementasikan sekaligus mengintegrasikan teknologi/ICT ke dalam proses pembelajaran.

H. Bagaimanakah cara membuat project baru?

Setelah familiar dengan cara menjalankan project dalam forum, maka kita akan terdorong untuk dapat mengembangkan project sendiri. Caranya adalah dengan mengumumkan gagasan kita di Teacher’s Lounge dan juga bisa dikirim melalui email ke projects@iearnindonesia.org.

Apakah manfaatnya bagi siswa?

  • Melatih, memperbaiki dan meningkatkan ketrampilan ICT siswa melalui proses pembelajaran yang terintegrasi dengan ICT.
  • Menyediakan lingkungan belajar yang aman dan bebas dari prasangka serta diskriminasi.
  • Mengembangkan sikap berfikir kritis dan keterampilan memroses informasi secara efektif.
  • Meningkatkan kesempatan bagi interaksi siswa dan pengambilan keputusan.
  • Memotivasi mereka melalui keterlibatan dalam project yang berkualitas tinggi.
  • Mendorong pengungkapan gagasan, pemecahan masalah, dan berkomunikasi dalam basis internasional.
  • Mengembangkan keberanian untuk mengeksplorasi, mengadaptasi, dan membentuk pemahaman dan keterampilan ICT/teknologis.
  • Meningkatkan keterampilan wacana dan berhitung, keterampilan berkomunikasi dan berpola fikir sebagai warga negara.
  • Memberikan peluang untuk pembelajaran teknologi baru dengan mengembangkan situs jaringan dalam proses pembelajaran.
  • Mendorong kolaborasi dan kegiatan kelompok.

Secara keseluruhan melalui Collaborative Based Learning, proses pembelajaran yang terjadi ditinjau dari sudut lintas kurikulum melalui aspek-aspekmultiple intelligent akan tergambar pada table berikut :

Cur. Areas Cog Psi Aff L/M V/S Li B/K M Inter Intra
B. Inggris    
IPS        
IPA    
Seni  
Agama        
Human Rights          
ICT    
 
    • Cognitive (cog): murid diharapkan akan meningkatkan kemampuan dasar mereka di dalam menggunakan bahasa Inggris tertulis, berdiskusi dan mengemukakan pendapat.
    • Psychomotor (psi): di area ini mereka akan menggunakan pengetahuan yang diperoleh ke dalam bentuk tindakan.
    • Affective (aff): di area ini mereka akan belajar bagaimana menempatkan diri mereka dalam pergaulan internasional, merasakan senang terhadap project yang dikerjakan serta mempelajari bahasa Inggris dengan konteks yang menyenangkan.
    • Logic/Mathematics (L/M): di area ini mereka akan belajar bagaimana mereka mempelajari dan memperbaiki kemampuan akademik dan pengetahuan di bidang yang mereka kuasai.
    • Visual/Spatial (V/S): di area ini mereka akan belajar melalui gambar, photo yang menunjukkan aktivitas yang berbeda yang berkaitan dengan topic dari projectnya.
    • Linguistic (Li): di area ini mereka akan belajar komunikasi baik verbal maupun tertulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.
    • Bodily/Kinesthetic (B/K): di area ini mereka akan belajar melalui game atau permainan yang berhubungan dengan projek.
    • Musical (M): di area ini mereka akan menikmati saat belajar dan bekerja sambil mendengarkan lagu ataupun musik yang berhubungan dengan projek mereka.
    • Interpersonal (Inter): di area ini mereka akan belajar membuat sebuah hubungan/koneksi bersama-sama dengan orang-orang dari seluruh dunia.
    • Intrapersonal (Intra): di area ini mereka akan berusaha bekerja dengan kemampuan terbaik yang dimilikinya.

    Apakah manfaatnya bagi guru?

    • Mengintegrasikan ICT ke dalam proses pembelajaran mereka, baik mata pelajaran Bahasa Inggris maupun subjek lainnya.
    • Membantu guru menjadi berani dan berhasil dalam menggunakan ICT/teknologi online.
    • Menyediakan contoh-contoh pengalaman terbaik dari pembelajaran online.
    • Memberikan akses terhadap informasi dan sumber daya.
    • Membangun komunitas pendidikan internasional secara online.
    • Menyediakan kegiatan bermakna serta konteks pembelajaran.
    • Menggunakan teknologi yang mutakhir.
    • Menyediakan gaya belajar yang bervariasi.
    • Membedah hambatan-hambatan pendidikan misalnya masalah akses dan kesetaraan.
    • Memberikan pengembangan dan dukungan profesional.
    • Memajukan pendekatan interdisipliner pada pendidikan dasar dan menengah.
    • Membawa pendidikan keluar dari dinding sekat ruang kelas menuju komunitas global.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: