SOP Fisika

Standard Operating Prosedur (SOP) pada dasarnya adalah pedoman yang berisi prosedur-prosedur operasional standar yang ada dalam suatu organisasi yang digunakan untuk memastikan bahwa semua keputusan dan tindakan , serta penggunaan fasilitas-fasilitas proses yang dilakukan oleh orang-orang dalam organisasi berjalan secara efisien dan efektif, konsisten, standar dan sistematis. Dengan adanya sistem manual standar atau (SOP) diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas kinerja layanan yang diberikan oleh sekolah/Instansi. Dengan adanya instruksi kerja yang terstandarisasi maka semua kegiatan layanan akan dapat dilakukan secara konsisten oleh siapapun yang sedang bertugas melakukan layanan. Layanan-layanan yang berbelit dan tidak jelas prosedur operasinya akan semakin terminimalisir. Disamping konsistensi layanan hal lain yang akan dihasilkan adalah efisiensi dan efektifitas kerja. Dengan prosedur yang terstandar setiap orang baik pengguna layanan maupun staf yang memberi layanan akan dapat memanfaatkan ataupun melakukan layanan yang semakin hari semakin baik dan semakin cepat karena terjadinya proses pembelajaran yang secara terus menerus terjadi selama proses layanan. Dengan demikin dapat dipastikan melalui SOP ini akan dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja layanan.

Untuk memenuhi kebutuhan akan tujuan meningkatkan efisiensi dan efektifitas kinerja, maka saya juga membuat contoh SOP membuat perangkat pembelajaran Fisika. Apakah SOP yang saya buat benar? Tentu tidak ! Saya juga masih bingung membuat sesuai yang diharapkan dalam ketentuan pembuatan SOP. Tentunya, kita bisa berkreasi masalah bentuknya, tetap  berpedoman dengan ketentuan.  Misalkan, Nomor SOP, sesuai dengan aturan dinas masing-masing, coba tanyakan  Kepala TU.

Ternyata, semua unit kegiatan dalam menjalankan tugasnya harus sesuai dengan SOP. Wali Kelas, Pembina-pembina semua kegiatan, upacara rutin hari senin pun harus ada SOP-nya, Perpustakaan, Laboratorium, Panitia ujian semester, dll. Bagaimana dengan guru mata pelajaran ? Silahkan buat saja 5 kegiatan

1. SOP PENYIAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN GURU

2. SOP PENYAJIAN PEMBELAJARAN

3. SOP MELAKSANAKAN EVALUASI BELAJAR

4. SOP MELAKSANAKAN ANALISIS HASIL EVALUASI BELAJAR

5. SOP PROGRAM PERBAIKKAN DAN PENGAYAAN

Berikut contoh yang bisa di download  SOP Guru Mapel Fisika    (setelah didownload, untuk edit di convert ke word)

Kepmenag Tentang SOP  KEPkemenag no 168 th 2010 SOP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: