Pengenalan Radiasi

Apabila anda ingin mngetahui seluk beluk radiasi silahkan berkunjung ke http://www.batan.go.id akan lebih lengkap segala bentuk informasinya. Silahkan belajar melalui e-learning di sini.

Pendahuluan

 

Bom atom pertama: Little Boy dan Fat ManBagi masyarakat awam, kata radiasi selalu dihubungkan dengan bom atom, kecelakaan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN), limbah radioaktif, serta penyebab timbulnya penyakit kanker. Mereka juga cenderung merasa cemas dan takut terhadap radiasi, tetapi tidak ingin memahami radiasi secara obyektif. Jika mereka ditanya tentang darimana mereka mendapat informasi tentang radiasi, sebagian besar akan menjawab bahwa mereka memperoleh informasi tersebut dari surat kabar, televisi, atau majalah. Media massa tersebut pada umumnya jarang berusaha untuk mendidik para pembaca atau pemirsanya dengan mengungkapkan fakta; sebagian besar hanya mengungkapkan informasi tentang bahaya radiasi atau informasi lain yang bersifat sensasi. Bagi media massa seringkali berlaku ungkapan bahwa berita baik bukanlah berita; berita buruk barulah berita. Karena itu, pendapat sebagian besar masyarakat tentang radiasi didasarkan pada bahaya radiasi yang berasal dari ledakan bom atom yang terjadi di Nagasaki dan Hiroshima, atau kecelakaan nuklir di PLTN Chernobyl. Seringkali mereka tidak dapat membedakan antara bahaya radiasi akibat kecelakaan tersebut dengan radiasi yang mereka peroleh dalam kegiatan sehari-hari, misalnya radiasi yang berasal dari pemeriksaan kesehatan atau radiasi yang berasal dari lingkungan.

Pemeriksaan RoentgenTulisan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai radiasi dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu diharapkan juga dapat membantu dalam mengambil keputusan bila dihadapkan pada pilihan memperoleh paparan radiasi pada tubuh untuk keperluan medis, misalnya “di-roentgen” pada dada atau gigi.

Awan cendawan

Saksi bisu bom atom: Kubah di HiroshimaPerlu kita sadari bahwa tidak ada satupun aktivitas manusia yang benar-benar aman. Pemanfaatan radiasi juga mengandung risiko, seperti halnya aktivitas sehari-hari manusia, misalnya mengendarai mobil, naik tangga atau bahkan mandi. Tidak seorangpun di dunia ini yang tidak pernah terkena radiasi. Karena itu, amat penting bagi kita untuk mendapatkan informasi tentang radiasi dan efeknya pada manusia. Tulisan ini bertujuan untuk memberikan informasi yang benar dan sesuai dengan fakta tentang radiasi, dan terutama ditujukan bagi mereka yang pengetahuan tentang radiasinya mungkin hanya terbatas pada gambaran awan berbentuk cendawan dan reruntuhan di Hiroshima. http://www.batan.go.id/pusdiklat/elearning/proteksiradiasi/pengenalan_radiasi/pendahuluan.htm

Daftar ISi

Pendahuluan

1. Radiasi dan Dunia Yang Kita Huni

Apa yang dimaksud dengan radiasi?

Bagaimana terjadinya radiasi?

Darimana radiasi berasal?

Bagaimana kita mengetahui adanya radiasi?

Apakah radiasi aman?

Apakah radiasi bermanfaat?

2. Dosis dan Efek Radiasi

Satuan dan Dosis Radiasi

Asal Dosis Radiasi dan Persentasenya

Efek Radiasi Terhadap Manusia

Filosofi Proteksi Radiasi

3. Pemanfaatan Radiasi Nuklir dan Radioisotop Dalam Kehidupan Manusia

Bidang Energi

Bidang Non Energi

Daftar Acuan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: