Energi Terbarukan

Dr. M. Samsuri saat memberikan materiIndonesia adalah negeri yang kaya raya. Posisi geografis Indonesia yang berada di khatulistiwa dengan lautan yang luas dan di lingkungan area ring of fire menjadikan sumber daya alam dan potensi sumber energi yang dimiliki Indonesia sangat melimpah. Beberapa di antaranya bisa dikembangkan menjadi energi alternatif sebagai pengganti bahan bakar minyak (energi fosil) yang saat ini telah menurun dan menyusut jumlahnya.

Sejumlah negara di dunia masih mengandalkan minyak bumi, batu bara dan gas alam untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan energi bagi negra-negara tersebut. Padahal, secara global stok bahan bakar fosil dunia sebagai sumber energi semakin terus berkurang. Dalam banyak studi, Indonesia diidentifikasi sebagai salah satu negara di dunia yang menyimpan potensi ribuan Giga Watt energi alternatif/energi terbarukan (renewable energy). Di antaranya yang telah terpetakan oleh Ditjen LPE – DSDM pada Tahun 2008 adalah potensi: tenaga air yang besarnya 76,67 Giga Watt; panas bumi 27 Giga Watt; mini/micro hydro 712 Mega Watt; biomass 49,81 Giga Watt; matahari 4,8 kWh/m2/hari; angin 3-6 m/det (speed).

Memiliki sumber daya alam (SDA) yang melimpah tetapi tidak didukung oleh sumber daya manusia (SDM) yang terampil, berpengetahuan dan menguasai teknologi maka akan menjadikan bangsa Indonesia terus menggantungkan diri pada bangsa asing didalam memanfaatkan potensi energi terbarukan di negeri sendiri. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan kualitas SDM menjadi sangat vital. Oleh karena itu salah satu pekerjaan besar yang mendesak dilakukan bangsa Indonesia adalah meningkatkan kualitas SDM generasi muda dalam bidang penguasaan iptek energi terbarukan. Oleh karena itu Kementerian Ristek mengajak pemangku kepentingan di daerah untuk bekerjasama dalam meningkatkan kualitas SDM generasi muda di daerah untuk tergerak memiliki pengetahuan dan pemahaman mengenai energi terbarukan. Diharapkan para gererasi muda tersebut nantinya berkeinginan untuk mendalami ilmu yang berkenaan dengan teknologi energi terbarukan sehingga mampu memanfaatkan SDA yang ada di lingkungannya menjadi sumber daya energi terbarukan yang ramah lingkungan.

Tujuan kegiatan adalah memberi pengertian, pengetahuan dan pemahaman (public understanding) kepada generasi muda se-Indonesia  mengenai apa, bagaimana dan manfaat dari potensi energi terbarukan yang ada di wilayah Indonesia untuk peningkatan kesejahteraan dan pembangunan masyarakat Indonesia.

Kegiatan ini merupakan seminar nasional yang diadakan oleh Kemenristek RI kerjasama dengan MAN 1 Metro dengan Pemateri diantaranya dari Kemenristek dan MAN 1 Metro.  Dr. M. Samsuri, M.Sci, Igip Prasetianingsari, S.T, Drs. M. Jaeni, MPFis, Drs. M. Marheyanto. Materi utama yang disampaikan diprioritaskan adalah Energi Terbarukan yang disampaikan oleh Dr. M. Samsuri, M.Sci, Igip Prasetianingsari, S.T serta tambahan materi berkaitan dengan Energi Terbarukan oleh Drs. M. Jaeni, MPFis, Drs. M. Marheyanto  menyangkut materi fisika sperti reaktor atom. Tambahan ini diarahkan ke para peserta terutama utusan madrasah yang tergabung dalam kelompok Ilmiah Remaja.

Peserta seminar adalah guru-guru IPA serta anak didiknya dari berbagai utusan madrasah dibawah naungan KKM MAN 1 Metro berjumlah 22 madrasah serta utusan MAN 2 Metro.

Materi yang disampaikan dari Kemenristek dapat di downlod di link berikut;

 Energi Terbarukan Kemenristek dan man1metro

Energi terbarukan oleh Igip P

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: