Energi Nuklir

Pernahkah anda mendengar berita Gempa bumi dan tsunami besar yang melanda Jepang  menewaskan ribuan orang dan menyebabkan kerusakan yang luar biasa pada rumah, sekolah, jalan dan gedung perkantoran serta infrasttruktur lainnya ? Ya, Pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi dan pembangkit lain rusak, meleleh, terjadi kebocoran radiasi., yang mengakibatkan banyak korban jiwa.

Sebagai tambahan pengetahuan tentang energi nuklir, simak tulisan di bawah ini. Namun demikian tentu tidaklah lengkap. Cobalah mencari informasi di blog lainnya.

Apakah energi nuklir itu?
Energi nuklir adalah energi di pusat (atau inti) atom. Dalam proses yang disebut fisi, atom akan terpisah, dan energi yang dilepaskan dapat digunakan untuk menghasilkan listrik pada pembangkit listrik, termasuk di pembangkit yang mengalami kerusakan di Jepang. Atom uranium, elemen yang umum ditambang di bumi, digunakan dalam reaksi nuklir ini. Dalam fisi, sebuah partikel kecil yang disebut neutron menabrak atom uranium; atom pecah, melepaskan lebih banyak neutron dan menghasilkan reaksi berantai. Reaksi ini melepaskan sejumlah besar energi. Energi ini bisa dipakai untuk menguapkan air, yang pada gilirannya akan memutar turbin, dan menghasilkan listrik di pembangkit listrik.

Apa yang dimaksud dengan reaktor nuklir?
Reaktor nuklir adalah perangkat dalam pembangkit listrik tempat reaksi fisi terjadi. Uranium seukuran ujung jari ditaruh di tabung logam yang panjangnya 12 kaki, yang disebut rods.  Rods Fuel (batang bahan bakar). Kumpulan rods inilah yang  membentuk inti reaktor.

(Rods biasanya disimpan di bawah air, yang menjaga inti reaktor tetap dingin. Ketika gempa melanda Jepang, seluruh jaringan listrik mati. Pembangkit listrik tenaga nuklir ini kemudian mengalihkan pasokan listriknya ke sistem cadangan dari generator. Tapi satu jam setelah gempa, tsunami melanda pembangkit listrik tersebut, mematikan generator. Sedangkan baterai cadangan hanya dapat bertahan selama delapan jam. Tanpa listrik, air tidak bisa bersirkulasi dan mulai mendidih, yang memungkinkan rods menjadi panas. Ketidakmampuan untuk menjaga tersedianya air pendingin pada rods menyebabkan ledakan dan kebakaran. Kejadian ini melepas unsur-unsur radioaktif ke udara. Radiasi tingkat tinggi bisa berbahaya, bahkan mematikan).

Apakah tenaga nuklir itu aman?
Pertanyaan itu telah diajukan selama bertahun-tahun, dan sekarang Anda akan mendengar lebih banyak perdebatan tentang hal itu karena peristiwa di Jepang. Tenaga nuklir sangat efisien. Sebagai contoh, pelet uranium berukuran kecil dapat menghasilkan listrik setara 150 galon minyak. Banyak orang yang melihat energi nuklir sebagai sumber energi alternatif. Situasi di reaktor Jepang tentunya akan membuat banyak orang beralih mengembangankan sumber daya lainnya, termasuk energi matahari dan angin.

Sebagai bahan tambahan untuk belajar tentang Radioaktifitas (Reaksi Fisi dan fusi) serta manfatnya silahkan download di sini

http://www.ziddu.com/download/20256503/manfaat-bahaya-radiasi.swf.html (6 Mb)

http://www.ziddu.com/download/20256504/reaksi-fisi-fusi.swf.html (10 Mb)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: