PTK Pembelajaran Fisika

Berikut ini saya bantu beri link Sumber Asli di alamat tentang PTK fisika, sebagai contoh :
PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS KOMPETENSI
BERORIENTASI LIFE SKILL DI MADRASAH ALIYAH
ASSALAAM SURAKARTA

Oleh:A. R. Sugeng Riadi

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Fisika pokok bahasan Relativitas berdasarkan kurikulum berbasis kompetensi berorientasi life skill, peningkatan atau perubahan yang terjadi, berbagai kendala yang dihadapi, serta usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasi berbagai kendala tersebut.

Penelitian dilakukan melalui tindakan kelas (classroom action research). Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus dengan subjek penelitian siswa kelas XII IPA Putra dan Putri MA Assalaam Surakarta tahun pelajaran 2004/2005. Siklus I dilaksanakan dalam 3 pertemuan dan siklus II dalam 4 pertemuan. Kegiatan siklus I meliputi perencanaan, tindakan, monitoring, refleksi, evaluasi, dan tindak lanjut. Kegiatan siklus II merupakan tindak lanjut dan modifikasi dari siklus I. Instrumenyang digunakan dalam penelitian ini adalah soal ulangan harian, tugas individu, tugas kelompok, lembar pengamatan minat siswa, lembar penilaian etika dan moral, lembar penilaian psikomotorik, dan lembar pengamatan kecakapan hidup. Respons siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan sangat positif dan para siswa mengharapkan digunakannya model pembelajaran berbasis kompetensi berorientasi life skill ini untuk pembelajaran materi selanjutnya.

Dari hasil belajar yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan antar siklus pada keseluruhan aspek yakni kognitif, afektif, psikomotrik, dan kecakapan hidup. Peningkatan pada masing-masing aspek adalah sebagai berikut: 1) Siswa putra: kognitif (0,05), afektif (29,41% untuk kriteria A yang disertai penurunan 29,41% untuk kriteria B), psikomotorik (17,65% untuk kriteria A yang disertai penurunan 17,65% untuk kriteria B), kecakapan hidup (17,64% untuk kriteria baik sekaliyang disertai penurunan 17,64% untuk criteria baik), 2) Siswa putri: kognitif (0,14), afektif (18,75% untuk kriteria A yang disertai penurunan 18,75% untuk kriteria B), psikomotorik (12,5% untuk kriteria A yang disertai penurunan 12,5% untuk kriteria B), kecakapan hidup (16,18% untuk kriteria baik sekali yang disertai penurunan 16,18% untuk kriteria baik). Pada pembelajaran ini siswa tampak sangat berminat, sifat individual dan sosial seimbang, kreatifitas siswa tersalurkan dengan baik, guru dan siswa sama–sama aktif dan kreatif, dan pembelajaran menjadi lebih bermakna.

Kendala utama yang dihadapi antara lain adalah kemampuan siswa yang beragam, pengamatan hanya dilakukan oleh satu orang, dan secara administrasi tugas guru bertambah banyak. Berbagai usaha guna mengatasi kendala yang ada di antaranya adalah guru harus kreatif mengelola kelas, dan tidak menangguhkan penyelesaian administrasi pada akhir pembelajaran setelah seluruh materi selesai dipelajari siswa melainkan segera setelah kegiatan belajar mengajar dilakukan bahkan kalau perlu juga melibatkan para siswa.

Kata kunci: Pembelajaran Fisika, Kompetensi, Life Skill.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: