PLTN dibangun 2016 ?

Menteri Riset dan Teknologi Suharna Surapranata menegaskan bahwa pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) adalah amanah undang-undang dimana Kementerian Riset dan Teknologi dan Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) ditugaskan untuk mempersiapkannya.

“PLTN itu amanat undang-undang (UU). Ristek dan Batan hanya diminta untuk merumuskan dan mempersiapkannya,” kata Menristek yang ditanya wartawan disela Seminar Radar Nasional (SRN) V 2011 yang bertemakan “Sinergi Kemampuan Bangsa untuk Kemandirian” di Jakarta, Kamis.

UU yang mengamanahkan pembangunan PLTN adalah UU no 10 tahun 1997 tentang Ketenaganukliran dan UU no 17 tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) tahun 2005-2025.

UU di atas  menargetkan pada 2016 PLTN sudah dibangun, namun kenyataannya hingga saat ini belum ada keputusan pemerintah untuk membangunnya. Padahal pembangunan PLTN membutuhkan waktu lama, sekitar lima tahun .

Pembangunan PLTN adalah kemauan bersama, bukan kemauan Kemenristek, Batan atau pemerintah semata.

Soal lokasi pembangunan PLTN sampai saat ini belum ada kepastian, yang semula  dari Semenanjung Muria, Jepara, Jawa Tengah ke Provinsi Bangka Belitung. Hal ini tentu perlu pengkajian yang mendalam.

Dalam UU RPJM, PLTN Semenanjung Muria rencanannya  beroperasi pada 2016 dengan kapasitas 2.000 MW, namun sampai saat ini belum ada kepastian di mana akan dibangun.

Berapa besar biaya untuk membangun PLTN?

Data Batan menyebut, Indonesia memiliki 53.000 ton cadangan uranium yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku PLTN, yakni sebanyak 29.000 ton di Kalimantan Barat dan 24.000 ton sisanya ada di Bangka Belitung. Papua juga diindikasikan memiliki cadangan uranium yang cukup besar, namun masih diteliti.  Biaya untukmembangun PLTN kapasitas 1.000 MW biaya investasi PLTN sekitar Rp30 triliun,

Sumber : Antara News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: