Ekstrak Sambiloto Hasilkan Energi Listrik

Ekstrak Sambiloto Hasilkan Energi Listrik TIGA siswa SMAN 1 Bantul berhasil menyabet juara III dalam lomba karya tulis ilmiah tingkat SMA/SMK/ MA  se-Jawa-Bali yang digelar UPTD SMAN 2 Nganjuk 2011. Penelitian berjudul ‘Pemanfaatan Daun Sambiloto sebagai Sumber Energi Alternatif Listrik Melalui Lampu Enal-Dato’. Penemuan itu kini disempurnakan untuk menghasilkan daya listrik lebih tinggi, sehingga mampu menghidupkan lampu dengan watt lebih besar.
Personel yang mengharumkan nama Bantul tersebut yaitu  Rima Melati, Sri Astutiningsih serta Muafiqoh Dwiarini dengan pembimbing Kepala SMAN 1 Bantul Drs Isdarmoko MPd serta Reni Shintasari mahasiswa Fisipol UGM. Muafiqoh mengatakan, daya listrik yang dihasilkan mampu menghidupkan lampu 0,72 watt atau dayanya setara dua batere ukuran kecil. Sedang ekstrak yang dibutuhkan tiga liter. Tidak hanya itu, selama sebulan penuh lampu akan menyala.  “Sementara butuh ekstrak 16 liter untuk bisa menghidupkan lampu 5 watt,” jelasnya, Jumat (8/4).
Muafiqoh mengatakan, sebenarnya temuannya bisa berperan layaknya accu dengan pengisian lebih sederhana. Bila accu harus disetrum, energi listrik ekstrak sambiloto cukup ditambah cairannya serta dibersihkan lempengan tembaga serta sengnya. “Bila semua sudah bersih termasuk tambahan ekstrak energi listriknya akan kembali muncul,” ujarnya.
Caranya :  Daun sambiloto ditumbuk dan diblender sebelum diambil ekstraknya. Untuk menghasilkan tiga liter ekstrak berenergi listrik, bahan yang disiapkan  1 kilogram daun sambiloto, 2,5 liter air aquades atau air murni.
Dalam lomba yang dihelat tanggal 3 April itu, larutan ekstrak ditempatkan pada enam buah sel. Setiap selnya berisi 500 mili atau setengah liter. Setiap sel dipasang lempengan seng dan tembaga yang berfungsi penghantar energi listrik.   Sumber Kedaulatan Rakyat (KR)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: