Cara kerja Kulkas ?

Jelaskan prinsip kerja kulkas kaitannya dengan hukum termodinamika 1?bagaimana cara kerjanya?

prinsip kerja kulkas kaitannya dengan hukum termodinamika 1, jelaskan cara kerjanya bagaiman kulkas dapat membuat suhu didalamnya menjadi dingin dengan memanfaatkan energi panas dari lingkungan

Jawaban diambilkan dari  id.answers.yahoo silahkan dirangkum saja.

Maaf,,saya hanya menyanggah pertanyaan anda dan jawaban yang sebelumnya,, Saya hanyalah seorang murid SMA kelas XI IA,,akan tetapi saat ini saya sedang mendalami tentang materi Termodinamika,,sudah selayaknya saya jg tahu dan paham akan permasalahan ini. Prinsip Termodinamika I menjelaskan kekekalan energi, yaitu energi kalor yang dapat menjadi energi lain. Prinsip kerja kulkas sebenarnya juga menggunakan prinsip Hukum Termodinamika II yang di kemukakan oleh Kelvin-Planck dan Rudolf Clausius yang berbunyi : Kalor mengalir secara Spontan dari Sumber suhu tinggi ke sumber suhu rendah. Akan tetapi “tidak semua kalor yang di pindah semata mata akan menjadi usaha, harus ada sisanya” (sesuai formulasi Kelvin-Planck). Prinsip kerjanya sebernanya sama persis dengan sistem kerja motor anda . Atau seperti mesin Karnot (memang mesin motor bekerja seperti mesin karnot). Yaitu menggunakan sumber Suhu Tinggi (bila pada motor adalah pada mesin) dan sumber Suhu rendah (bila pada motor adalah knalpot). Kalor akan mengalir secara spontan dari suhu tinggi ke suhu rendah. dari aliran kalor ini nantinya akan di peroleh Usaha. sesuai asas kekekalan energi. akan tetapi tidak semua kalor akan diubah ke bentuk usaha. akan tetapi tetap akan ada hasil buangan nya yaitu reservoir suhu rendah.
Nah prinsip kulkas berkebalikan dengan sistem mesin motor. klo untuk kulkas kita harus memindahkan kalor dari dalam kulkas keluar kulkas. Akan tetapi kalor tidak akan mengalir secara spontan dari suhu tinggi ke suhu rendah. oleh karena itu di perlukan sebuah pompa kalor (pendingin) yang akan mengalirkan kalor dari suhu rendah ke reservoir suhu tinggi (lingkungan). jika konversi kalor pada mesin motor tadi menghasilkan usaha, sekarang pada kulkas kita harus menambahkan usaha agar dapat mengalirkan kalor ke suhu yang lebih tinggi . (untuk lebih mudah, analogikan kalor seperti air, bila anda ingin mengalirkan air ke tempat yang lebih tinggi tentunya anda akan memerlukan sebuah pompa bukan?)
Suhu dalam kulkas(sistem) akan semakin turun karena kalor diambil oleh pompa kalor untuk di bawa keluar (lingkungan). Dalam pengambilan ini di perlukan pompa yang dikerjakan oleh energi listrik untuk mengambil kalor dalam kulkas yang selanjutnya di alirkan keluar.
Demikian penjelasan saya mengenai PRINSIP KERJA KULKAS MENURUT HUKUM TERMODINAMIKA, bukan secara mekanisme mesin pompa kalor dalam kulkas. mohon maaf bila ada kekurangan.
from:
aang.dyaksa@yahoo.com

materi referensi:

buku fisika kelas XI mengenai TERMODINAMIKA

Saya coba bantu jawab ya..

Hukum termodinamika pertama menyatakan ttg kekekalan energi, dimana energi/kalor tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan tetapi hanya berubah wujudnya dari satu bentuk energi menjadi bentuk energi lainnya, misalnya : energi kinetik berubah menjadi energi panas, energi listrik menjadi energi panas, dst

Sementara untuk kaitannya dengan kulkas, merupakan salah satu aplikasi konversi energi. Energi listrik dikonversi menjadi energi mekanik pada motor listrik. Ini menyebabkan motor listrik bekerja pada pompa yang bekerja sehingga tekanan menjadi rendah akibatnya temperatur menjadi dingin. Ini merubah energi mekanik menjadi energi panas (pendinginan).

Jika gas pada silinder ditekan maka suhu akan meningkat. pompa pada kulkas menekan gas tertentu, yang menyebabkan perubahan wujudnya menjadi cair pada temperatur tinggi. Cairan ini disimpan pada satu tabung yang disebut condensor. Pada hampir sebagian kulkas, ada kipas yang bekerja pada condensor untuk menjaga kondensor ini tetap dingin.

Jika gas pada silinder ditarik (lawannya ditekan), maka temperatur gas akan menjadi dingin, Cairan tersebut akan masuk melalui suatu alat ke dalam evaporator di dalam kulkas sehingga menjadi gas lagi. gas inilah yang yang akan menyerap panas dan mendinginkan isi dalam kulkas.
Diluruskan dahulu : Bahwa Kulkas TIDAK “memanfaatkan energi panas dari lingkungan”.
Cara kerja Kulkas :
Dalam rangkaian/siklus tertutup, Gas (CFC or non CFC) dipampatkan dengan bantuan Compressor -> berubahmencair -> dialirkan ke Expansion valve / pipa kapiler -> terjadi perubahan dari cair ke gas kembali -> dihisap kembali oleh Compressor. Begitu seterusnya.
Karena diCompress, maka timbul panas, untuk mengurangi agar tidak terlalu panas, maka dibuatlah pipa2 sebagai condensor, yg pada kulkas kuno, biasa diletakan dibagian belakang dan dicat hitam, namun pada perkembangan selanjutnya, pipa condensor tsb di sembunyikan pada dinding bagian dalam kiri/kanan kulkas. Kalau anda pegang body kulkas akan terasa hangat.
Pada saat perubahan dari cair ke gas itulah (setelah meliwati Expansion Valve) timbul efek dingin pada Evaporator.
Sisa dari gas dingin setelah Evap, kembali ke Compressor dimanfaatkan sebagai pendingin Compressor.
Demikian semoga bermanfaat.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: