Pedoman UKG Online

Uji Kompetensi Guru atau yang biasa disebut UKG di tahun 2012 ini, ternyata menjadi perbincangan para guru bersertifikat sebagai  “guru profesional” yang menanggapi secara serius dan banyak juga yang menanggapi secara santai seolah  tidak ada pengaruh bagi dirinya.

Seperti yang disampaikan Syawal bahwa pelaksanaan program UKG ini bertujuan untuk memetakan  kompetensi guru-guru di Indonesia, apapun hasilnya tidak akan mempengaruhi tunjangan sertifikasinya. Namun demikian apabila  hasil yang dicapai guru dalam UKG ini jeblog terus  maka guru yang bersangkutan akan “dibina” secara khusus.

Tentunya dengan beragam tanggapan para guru ini akan memberikan semangat bagi guru lain yang barangkali “grogi” bila dihadapkan dengan yang namanya komputer.  Karena masih banyak guru-guru yang masih GAGAP   masalah  komputer, sehingga rame-rame pada belajar komputer.  Ini memberikan keuntungan secara finansial bagi para penjual LAPTOP yang menjadi laris manis.  Dengan terpaksa harus menyisihkan tabungan cairan sertifikasinya untuk membeli Laptop, dan mengurangi simpanan untuk persiapan anaknya kuliah. Maklum saja biaya kuliah sekarang ini makin tinggi saja, terutama yang  berprestasi pas-pasan.  Demikian pula yang cerdas sekalipun bila kuliah di jurusan yang “keren” seperti kedokteran mesti siap-siap minimal 75 jt.

Persiapan yang mesti dilakukan para guru yang akan mengikuti UKG tentu bukan saja bisa mengoperasikan komputer , tetapi mesti bisa menjawab soal-soal yang terkait dengan bidang tugas mengajarnya (Mis. Guru matematika, IPA, elektro, dsb) serta kemampuan penguasaan sebagai guru yang profesional.

Sebelum Bapak/Ibu guru mencoba soal-soalnya coba pelajari dahulu dengan melihat di Link-link di bawah ini dengan tujuan ada gambar yang jelas segala sesuatu yang perlu dipersiapkan.

Pedoman Uji Kompetensi Guru 2012  dari Kemendikbud di SINI

 

  1. Jumlah Peserta Uji Kompetensi Guru
  2. Daftar Konversi Bidang Studi Sertifikasi Sebelum dan Setelah 2009
  3. Format Daftar Hadir
  4. Berita Acara Pelaksanaan UKG (BA-UKG)
  5. Format Kartu Peserta UKG

Unduh Dokumen Pedoman UKG

Pedoman Uji Kompetensi Guru selengkapnya dapat diunduh. Klik tautan berikut untuk unduh Pedoman UKG,

Verifikasi Data   di SINI

Daftar Tempat Pelaksanaan UKG  di SINI

Untuk membantu sekedarnya saja coba  berlatih soal online dengan menuju “link”  Soal Uji Kompetensi Guru (UKG) Online 2012 :

1. Uji Kemampuan Pedagogik Model I, klik di SINI

2. Uji Kemampuan Pedagogik Model II, klik di SINI

3. Uji Kemampuan Proffesional, klik di SINI

4. Uji Kemampuan Matematika  di SINI

Mudah-mudahan bermanfaat. Aamiin

About these ads

2 Responses

  1. gak jelas ukg nya ,msukkan data ternyata gak bisa ,bingung jadinya ,ini jadi apa gak ukg nya

    • Mohon maaf atas ketidak nyamanan informasi tentang UKG. Kepastian pelaksanaan UKG kita tunggu pelaksanaannya. Mohon diunduh dahulu pedoman pelaksanaan UKG kemudian dipelajari. Sehingga semua guru siap atau tidak, mau atau tidak, pemerintah tetap akan melaksanakan. Silahkan pantau di web UKG serta download pedomannya. Terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: